PENDEKATAN KINETIKA TERHADAP REAKSI KESETIMBANGAN

Kata kunci : pendekatan reaksi searah, metode laju awal, tetapan laju reaksi maju, tetapan laju reaksi balik, tetapan kesetimbangan secara kinetika, energi pengaktivan

Oleh : Patiha

Telah diperkenalkan Teknik Pendekatan Reaksi Searah dengan Metode Laju Awal dan digunakan untuk penentuan hukum dan tetapan laju, reaksi maju kf dan balik kb, reaksi kesetimbangan (tanpa menggunakan konsentrasi kesetimbangan, xe). Untuk alternatif cara perhitungan, telah dirumuskan persamaan baru. Hasilnya diperbandingkan dengan yang menggunakan persamaan integral konvensional, diferensial konvensional, integral tunggal (Patiha, 1998), hibrida diferensial-integral (Patiha, 2006), dengan menggunakan hasil dari persamaan integral konvensional sebagai acuan. Telah dirumuskan pula persamaan untuk penentuan lebih cepat energi pengaktivan. Hasilnya diperbandingkan dengan menggunakan hasil dari persamaan Arrhenius sebagai acuan. Harga kf dan kb selanjutnya digunakan untuk penentuan Kkin yang kemudian diperbandingkan dengan K yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan termodinamika.
Hasil uji menunjukkan bahwa, dengan toleransi kesalahan 5%, harga kf dan kb sama dengan yang menggunakan persamaan integral konvensional, Kkin sama dengan K, dan harga energi pengaktivan sama dengan yang menggunakan persamaan Arrhenius. Ini berarti Teknik Pendekatan Reaksi Searah dengan Metode Laju Awal dan kedua persamaan baru, sahih dan handal.