Pengontrolan Lapisan Enzim Glucose Oxide (GOD) dan Lapisan Polyvinyl Alcohol (PVA) Untuk Mendapatkan Sensitivitas Tinggi Devais Sensor Kadar Gula.

Kata kunci: enzim glucose oxiced, polyvinyl alcohol, devais sensor.

Harjana; Supriyanto, Agus; Ramelan, Ari H.*)
Fakultas MIPA UNS, Penelitian, Dikti, Hibah Bersaing, 2006.
Telah dilakukan studi tahun pertama ini terhadap pengendalian lapisan membran Polyvinyl Alcohol (PVA) untuk interface enzim Glocose-oxide (GOD). Polyvinyl Alcohol (PVA) sebagai lapisan struktur dari devais sensor kadar gula di optimasi untuk mendapatkan lapisan tipis Polyvinyl Alcohol (PVA) yang mempunyai sensitivitas listrik melalui pengaturan parameter-parameter metode spin coating yaitu meliputi pelarut bahan (komposisi gel PVA dengan air, waktu putar spin coating dan kecepatan putar spin coating. Sebelumnya dilakukan optimasi deposi lapisan tipis elektroda platinum (Pt) yang diperoleh dari hasil penumbuhan menggunakan evaporasi termal type Ladd Research.
Deposisi lapisan tipis elektroda Platinum (Pt) di atas substrat kaca menggunakan metode evaporasi termal telah berhasil dilakukan dengan nilai resistivitas diperoleh 0,014 Qm hingga 0,020 Qm. Dari Kurva I-V lapisan tipis Pt menunjukkan linear dengan nilai resistansi yang konstan. Hal ini menunjukkan bahwa lapisan tipis elektroda tersebut merupakan sifat ohmik dan bagus untuk elektroda atau sebagai kontak.
Penumbuhan lapisan tipis Polyvinyl Alcohol (PVA) menggunakan metode spin coating yang dibuat dan dirancang sendiri. Parameter penumbuhan meliputi variasi konsentrasi gel PVA dan diperoleh nilai komposisi konsentrasi gel PVA yang baik mempunyai serapan tinggi dibandingkan yang lain yaitu pada komposisi 67 wt% air 33wt% PVA atau 2:1, dengan nilai absorbansi sebesar 0,031. Adapun untuk parameter variasi waktu putar spin coating, diperoleh waktu putar optimumnya 3 menit sebesar 0,058, pada komposisi konsentrasi gel PVA pada 67 wt% air 33wt% PVA. Sedangkan pada parameter variasi kecepatan putar spin coating, diperoleh kecepatan putar 4000 rpm dengan nilai absorbansi sebesar 0,33.
Hasil pengukuran arus-tegangan (I-V) lapisan tipis PVA dengan elektroda platinum diperoleh cukup baik pada parameter pengontrolan penumbuhan lapisan tipis PVA dengan komposisi konsentrasi gel PVA pada 67 wt% air 33wt% PVA, kecepatan putar spin coating 4000 rpm dan waktu putar selama 3 menit. Dimana untuk tegangan 6 volt telah diperoleh nilai 0,01 mikroampere, dan pada tegangan 50 volt diperoleh arus yang cukup tinggi sebesar 0,08 mikroampere. Nilai ini cukup baik dibandingkan dengan parameter lain.
Optimasi parameter penumbuhan lapisan tipis Polyvinyl Alcohol (PVA) dapat meningkatkan sensitifitas sifat listrik. Hasil optimasi ini digunakan untuk penelitian tahap II dalam pembuatan prototipe devais sensor kadar gula dengan strukutr Pt/GOD/PVA/Pt. Proses fabrikasi ini pertama kali dilakukan, sehingga selain hasilnya diharapkan bersifat generik berupa tulisan ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional yang terakreditasi. Temuan ini juga dapat diwujudkan dalam bentuk paten berupa devais sensor kadar gula yang murah dan mempunyai sensitifitas tinggi.