Pembuatan Komposit LLDPE-Mg(OH) Dengan Aditif Montmorilonit dan Saponit Sebagai Alternatif Penyediaan Isolator Kabel.

Kata kunci: komposit LLDPE-Mg(OH), aditif montmorilonit, saponit

Subelo, Mamiek; Saputro, Sulistyo*)

Fakultas KIP UNS, Penelitian, Dikti, hibah Bersaing, 2006.

Pengembangan material baru di masa mendatang akan sangat didukung oleh inovasi-inovasi dalam komposit polimer. Dengan penambahan zat-zat tertentu, bahan ini menjadi material unggul (advanced material) dan bahan alternatif pengganti logam dan bahan-bahan lain. Beberapa sintesis paduan bahan elastomer termoplastik sudah dilakukan, namun penambahan aditif untuk memberikan karakter tertentu masih perlu dikembangkan. Seiring dengan semakin luasnya pemanfaatan bahan elastomer termolastik dalam skala besar untuk bahan bangunan, transportasi, bahan rumah tangga, dan industri yang menuntut kekuatan mekanik tinggi, penggunaan aditif berbasis silikat semakin berkembang. Penelitian ini menggunakan komposit linear low. density polyethylene (LLDPE) – Mg(OH) dengan variasi aditif berbasis silikat, yaitu montmorilloni. Penggunaan aditif berbasis silikat diharapkan menyebabkan terjadinya struktur mikrokomposit sehingga meningkatkan kekuatan mekanik.

Penelitian difokuskan pada beberapa aspek karakter komposit polimer dengan variasi aditif berbasis silikat tersebut, yakni : karakter mekanik/fisik (kuat tarik dan kuat luluh), sifat termal (reduksi berat, lost of weight dan ketahanan nyala),dan struktur (kristalinitas dan ikatan silang).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil diperoleh produk sintesis komposit polimer LLDPE/Mg(OH)2 (90/10, 80/20 dan 70/30) dengan aditif berbasis silikat (montmorilonit). Rasio LLDPE/Mg(OH) tanpa penambahan aditif yang memiliki kekuatan mekanik/fisik optimal (kuat tarik dan kuat luluh) adalah 90/10. Kuat tarik maksimum dicapai pada penambahan aditif Montmorilonit sebesar 5% yakni sebesar 1,34 kgf/mm , sedangkan kuat luluh maksimum justru dicapai tanpa penambahan aditif Montmorilonit, yakni sebesar 1,62 kgf/mm2