PENGEMBANGAN MODEL KETERPADUAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING

Kata Kunci : pendekatan terpadu, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, quantum learning, dan SMP

J. Waluyo, Herman; Setiawan,Budhi; Eko Wardani, Nugraheni *)
LPPM UNS, Penelitian, DP2M, Hibah Pasca, 2009

Penelitian ini adalah adalah kelanjutan dari penelitian Tahap I dan II yang telah menghasilkan buku materi ajar yang disusun dengan pendekatan quantum learning. Dalam penelitian ini, buku yang dihasilkan tersebut diuji efektivitasnya dengan metode penelitian quasi experiment. Dengan penelitian ini, telah didapat temuan bahwa pendekatan quantum learning yang melandasi penyusunan materi ajar lebih efektif untuk pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara terpadu Di samping itu, juga ditemukan bahwa ada perbedaan pengaruh motivasi berprestasi tingkat tinggi, sedang, dan rendah dalam mempengaruhi kemampuan berbahasa dan bersastra. Eksperimen dila kukan di daerah Suarakarta yang meliputi sepuluh (8) SMP Negeri, dengan lima (5) SMP sebagai kelas eksperimen dan lima (lima) kelas sebagai kelas kontrol, yaitu enam (6) SMP di Kota Surakarta, dua (2) SMP di Kabupaten Sragen, dua (2) SMP di Kabupaten Sukoharjo, dan dua (2) SMP di Kabupaten Karanganyar. Dengan eksperimen tersebut telah diuji efektivitas buku materi ajar yang disusun dan diajarkan dengan menggunakan quantum learning. Di samping itu, juga disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara pendekatan dengan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi kemampuan berbahasa dan bersastra.