Ketua LPPM UNS Prof.Sulistyo Saputro, M.Si,Ph.D didampingi Sekretaris Ir. Ary Setyawan, M.Sc.Ph.D Selasa,16 Juni 2015 yang sekalian memperkenalkan diri sebagai nahkoda baru di LPPM UNS, melepas wartawan media cetak maupun elektronik dalam rangka liputan hasil kegiatan penelitian dan pengabdian LPPM UNS tahun 2015, dalam arahan diungkapkan bahwa saat ini UNS bersama 3 PTN di Jawa ini ditunjuk Kementerian Pertanian sebagai pendamping petani padi organik di Jawa dan Sumatera dan juga pelaksana sertifikasi beras,

Dalam Roadshow ini 5 obyek kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat diantaranya ke Laboratorium proses Fakulas Teknik dengan peneliti Dr. Margono, ST dengan penelitian tentang efisiensi produksi etanol sebagai bahan bakar alternative dari biji sorghum dengan pengembangan proses fermentasi dengan Simultan Sakarrifikasi Fermentasi (SSF) dengan biokatalis ko-imobilisasi akan mempersingkat dan meningkatkan produktifitas etanol.

Dilanjutkan kemudian pada penelitian yang ketuai Prof. Okid Parama Astirin tentang eksplorasi aktivitas bioaktif daun sirsat dalam pengembangan anti kanker Nasophaynx dan Serviks, yang man dau sirsak merupakan bahan alam yang memiliki potensial sebagai agen anti kanker, dalam penelitian menunjukkan bahwa secara in vitro, melalui pemberian ekstrak, fraksi hingga isolate daun sirsak menunjukkan hasil yang efektif dalam menghambat pertumbuhan kanker , khususnya kanker servix dan nasopharing.

Dan peneliti berikutnya oleh Prof. Ari Handono Ramelan yang juga sebagai Dekan FMIPA menjelaskan tentang Fabrikasi sel surya dye-sensitized dengan counter electrode berbasis carbon nanotube, yang merupakan salah satu alternative pengganti platina sebagai counter electode dalam DSSC (Dye-Sensitized) yang merupakan sel surya generasi baru yang bekerja berdasarkan proses fotoelektrokimia, dimana absorsi cahaya dilakukan oleh molekul pewarna dan proses separasi muatan oleh bahan semikonduktor.

Kemudian dilanjutkan pada penelitian Drs. Guntur Siamsono mengeai Kelompok pengrajin limbah kayu industry melalui bisnis online menuju go internasional di Desa Brangkal Karanganom Klaten, yaitu sebuah UKM Shelly handicraft (kerajinan tangan) yang menggunakan limbah kayu bekas industry meubel yang ada sekitar Kecamatan Karanganom, pembuatan industri kreatif yang mampu memproduksi bermacam-macam kerajinan tangan berupa souvenir dan miniatur kendaraan yang berbahan dara kayu mahoni dan sonokeling, produk yang dihasilkan berupa miniature mobil klasik, sepeda motor, kereta api, pesawat, kapal dan jenis transportasi serta kerajinan tangan lainnya. Kegiatan pendampingan dan monitoring serta pemberian desain yang inovatif , serta pembuatan website sebagai ajang untuk memperkenalkan produk handicraft kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat bisa membuka website ini yang berisi tentang profil, produk-produk yang dihasilkan.

Pada akhir kunjungan roadshow LPPM UNS, rombongan Media ke Kampung kerajinan Gerabah di Desa Melikan Wedi Klaten, dengan peneliti Umi Yuliati,SS.M.Hum yang mengadakan kegiatan pengabdian berupa pengembangan desa wisata yang berbasis ekonomi kreatif sebagai upaya yang berkelanjutan melalui kreatifitas, dengan mendirikan kelompok sadar wisata (Pokdarwis Melikan) yang diketuai Bapak Sumilih dengan 261 pengrajin potensial uang diketuai dan laboratorium keramik dan galeri keramik bantuan dari pemerintah Jepang, kegiatan pengabdian ini memberikan bantuan dalambidang promosi dan pemasaran, antara lain melalui pembuatan website “Kampung Gerabah Melika yang beralamat di www.kampunggerabah.com

Humas LPPM UNS