Sesuai surat edaran Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Pendidikan Tinggi Nomor 1441/E5.2/PL/2015 tanggal 12 Juni 2015 bahwa Ditlitabmas Ditjen Dikti memberi kesempatan kepada dosen tetap Universitas Sebelas Maret untuk mengajukan proposal Hibah Program Riset Pengembangan Ilmu Pengetahun dan Teknologi (IPTEK) untuk Pendanaan Tahun 2016.

Mekanisme pengusulan Hibah Program Riset Pengembangan IPTEK adalah sebagai berikut :

  1. Usulan direncanakan dan diagendakan judul riset atau pengabdian dalam Group Riset oleh Koordinator/Ketua Group Riset melalui IRIS1103. Kemudian peneliti yang akan mengusulkan diwajibkan untuk entry data penelitian ke sistem tersebut diatas kemudian mencetak bukti submit proposal melalui iris1103. Setelah memperoleh bukti submit silahkan mendaftar usulan ke simlitabmas melalui operator simlitabmas di Sub Bagian Program dan Kerjasama LPPM UNS dengan membawa bukti submit iris1103.
  2. Bagi peneliti yang mempunyai h indeks scopus > 2 yang sudah berstatus sebagai Ketua Peneliti pada 1 (satu) proposal untuk pendanaan Tahun 2016, masih diperkenankan mengajukan proposal sebagai Ketua Peneliti pada skema ini.
  3. Dosen yang masih belum mengunggah laporan akhir, laporan pertanggungjawaban keuangan, dan bahan seminar hasil (artikel ilmiah, borang capaian hasil, poster dan profil) hibah yang diterima pada tahun sebelumnya, tidak diperbolehkan mengajukan proposal skema ini.
  4. Ketua peneliti atau pelaksana pengabdian yang akan mendaftarkan dosen lain sebagai anggota tim harus mendapatkan persetujuan dari yang bersangkutan melalui SIM-LITABMAS.
  5. Tahap pendaftaran dan pencetakan bukti submit iris1103 dilaksanakan mulai tanggal 19 Juni 2015 sampai dengan 8 Juli 2015.
  6. Tahap pengajuan lembar pengesahan proposal (harus melalui SIM-LITABMAS) sampai dengan 10 Juli 2015.
  7. Tahap pendaftaran dan pengunggahan full proposal secara online dilaksanakan mulai tanggal 19 Juni 2015 sampai dengan 10 Juli 2015.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Berikut file panduan dari hibah tersebut: Panduan Hibah Pengembangan Iptek2016