Kata Kunci : Kewirausahaan, Minuman Berbasis Yoghurt

Heru Irianto *)
LPPM UNS, Pengabdian, DP2M, UJI, 2009

Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Unit Usaha Industri (UJI) Minuman Berbasis Yoghurt Di Universitas Sebelas Maret secara umum adalah untuk membentuk suatu unit usaha komersial yang dikelola secara profesional di bidang produksi dan pemasaran produk makanan kesehatan dalam hal ini es yoghurt yang secara kelembagaan dimiliki oleh Universitas Sebelas Maret. Sedang tujuan secara khusus adalah :1) Mengembangkan keragaman produk menjadi es krim yoghurt, es loli yoghurt dan yoghurt cair dan velvas, 2) memperluas pasar dengan memperluas kerjasama dengan berbagai toko, swalayan, fitness centre disamping penjaja keliling, 3) Memasyarakatkan makanan kesehatan dalam berbagai bentuk sesuai selera pasar, 4) Mengembangkan sistem pendidikan berbudaya kewirausahaan di UNS dengan membentuk unit usaha komersial dan dimanfaatkan sebagai pilot plant bagi mahasiswa, 5) Membuka lapangan pekerjaan bagi lulusan UNS,
Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah masyarakat secara luas sebagai sasaran produk berbagai macam es berbahan baku susu difermentasi (es cream, es loly dan yoghurt cair. Pada tahun ketiga ini titik berat pada bagaimana menanamkan image produk sebagai produk kesehatan pada benak konsumen sasaran. Oleh karena itu semua kegiatan difokuskan pada bagaimana menarik konsumen untuk melakukan pembelian, baik melalui penampilan produk, promosi dan pemasaran langsung.
Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dari aspek produk telah mendapatkan ijin depkes, ijin Halal MUI dan standar kualitas produksi yang ditetapkan sudah konsisten. Namun demikian dari aspek pasar terlihat bahwa meski penerimaan konsumen cukup baik namun tidak merata untuk semua produk yang dihasilkan Demikian pula promosi dan pemasaran yang dilakukan belum optimal; permintaan mulai meningkat sebelum bulan Puasa, dan menurun saat bulan Puasa, kecuali untuk produk yogurt cair justru meningkat pada bulan puasa. Demikian pula pada waktu musim penghujan permintaan cenderung turun.
Akhirnya dari hasil kegiatan UJI ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Secara umum respon konsumen terhadap produk unit jasa industri yang berupa es cream, es loly yogurt dan yoghurt cair sudah cukup baik, namun pasar masih luas, 2) Kualitas produk sudah mantap, artinya kontiunitas kualitas sudah terjaga, 3) Musim berpengaruh terhadap permintaan produk.
Sedang implikasi yang perlu dilakukan guna perbaikan produk dan pasar unit jasa industri ini ke depan adalah : 1) Untuk memantapkan posisioning produk “Yoghurt” ini sebagai minuman kesehatan. Hal ini dilakukan dengan mencamtumkan atribut-atribut kesehatan pada berbagai media promosi maupun label produk yang dibuat, 2) Untuk meningkatkan luasan pasar dan memuaskan konsumen, maka perlu dilakukan penambahan sarana dan prasarana pemasaran maupun promosi