Jumat, 19/4/2013, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (LPPM UNS) Prof. Dr. Ir. Darsono, MSi menerima kunjungan dari Perwakilan Asisten Deputi Legislasi IPTEK Deputi Kelembagaan IPTEK Kementerian Riset dan Teknologi di ruang siding I LPPM UNS yang bertujuan untuk menjaring berbagai masukan atau gagasan sebagai bahan pengembangan legislasi IPTEK.

Pada pertemuan tersebut para inventor yang sering memenangkan hibah dari Kementerian Riset dan Teknologi ikut berpartisispasi. Mereka diharapkan dapat memberikan masukan-masukan atau gagasan yang akan direkomendasikan sebagai bahan kebijakan atau legislasi Kemenristek dalam rangka penguatan sumberdaya peneliti dan perekayasa. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Bapak Agus Pambudi Perwakilan Asisten Deputi Legislasi IPTEK Kemenristek, “Kegiatan ini merupakan rangkaian acara atau roadshow Kami untuk sharing dengan peneliti sekaligus menampung berbagai masukan sebagai rekomendasi penyusunan dan pengembangan legislasi IPTEK”.

Kegiatan roadshow dari Kemenristek ini disambut baik oleh Ketua LPPM UNS, Prof. Darsono,”Ini merupakan kesempatan yang bagus dan saya sangat mengapresiasikan itu. Sehingga Kami persilakan Bapak dan Ibu peneliti untuk mengemukakan masukan atau ide kepada Bapak dan Ibu dari Kemenristek”.

Salah satu masukan dari peneliti adalah mengharapkan bahwa pemerintah melalui kemenristek sebagai lembaga pemberi hibah penelitian dapat membentuk sebuah lembaga intermediasi yang mampu mensinergikan keinginan peneliti dan industri komersial. Karena selama ini, ide dan hasil penelitian dari inventor di Indonesia khususnya di UNS sangat bagus namun untuk mengembangkan hasil penelitian tersebut secara komersial mengalami hambatan. Para pelaku industri cenderung skeptic dan kurang yakin bahwa hasil penelitian tersebut dapat memberikan keuntungan.