Perbaikan Perfomance Sel Surya Organik Berbasis Poly(2-methoxy-5-(2’-ethyl-hexyloxy)-Phenylene Vinylene) Sebagai Sumber Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan

Kata Kunci : Sel surya Hibrid, MEH-PPV, TiO2

Iriani, Yofentina*)

LPPM UNS, Penelitian, DP2M, Hibah Kompetitif Penelitian Sesuai Prioritas Nasional, 2009

Telah dilakukan pembuatan sel surya organic berbasis polymer dengan doping TiO2 sebagai upaya memperbaiki performa sel surya organik yang selama ini dikembangkan. Prinsip dalam penelitian ini adalah mencoba memperbaiki mobilitas pembawa muatan. Tingginya mobilitas pambawa muatan diharapkan menambah jumlah hole dan elektron yang terpisah dan sekaligus mempercepat elektron dan hole sampai pada elektroda. Semakin banyaknya elektron dan hole pada elektroda dapat meningkatkan potensial listrik yang dihasilkan. Aktivitas penelitian adalah memvariasi doping TiO2 pada poly(2-methoxy-5-(2’-ethyl-hexyloxy)-Phenylene Vinylene atau MEH-PPV dengan struktur ITO/MEH-PPV :TiO2/Ag. Karakterisasi sel meliputi sifat fisis dengan alat SEM, sifat optis dengan UV-Vis dan sifat listrik (I-V) pada gelap dan pada saat disinari.

Dari hasil uji karakterisasis sifat optik tampak bahwa serapan polymer pada panjang gelombang 450 nm sampai 550 nm, sedang TiO2 serapan pada panjang gelombang dibawah 400 nm. Sedang dari uji SEM tampak morfologi dari polymer banyak gelombung udara ketika tanpa pemanasan sedang ketika dipanasi tampak gelembung udara tidak ada. Untuk TiO2 hasil SEM tampak ukuran partikel dalam orde puluhan nanometer. Karakterisasi sifat listrik pada saat gelap tampak bahwa penambahan TiO2 5 % pada polimer meningkatkan sifat konduktifitas dari bahan polymer tersebut.