Kegiatan Pendampingan Akreditasi dan Re-Akreditasi Periode 2023 yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ)

Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ), LPPM Universitas Sebelas Maret mengadakan fasilitasi pendampingan akreditasi jurnal di lingkup kampus Universitas Sebelas Maret  pada hari Selasa, 11 April 2023. Workshop bertema “Pendampingan Akreditasi dan Re-Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 2023” dilakukan secara Luring di Ruang Sidang 1 LPPM Universitas Sebelas Maret. Target kegiatan ini adalah jurnal-jurnal yang akan habis masa berlaku akreditasinya dapat segera mempersiapkan dan menyesuaikan dengan Pedoman Penilaian Akreditasi yang terbaru sehingga memperoleh peringkat akreditasi yang maksimal. Narasumber utama dalam kegiatan ini yaitu Dr. Mohtar Yunianto, S.Si., M.Si., selaku Koordinator Bidang Akreditasi Nasional, UPPJ LPPM Universitas Sebelas Maret.

Dalam sambutan pembukaan acara oleh Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P., menyampaikan bahwa jurnal-jurnal di UNS memiliki potensi yang luar biasa dan perlu diupayakan akreditasi dan indeksasinya sebagai bentuk upaya peningkatan reputasi untuk Universitas Sebelas Maret. Acara inti dimulai dengan checking masa habis akreditasi dan tindak lanjut pengelola jurnal untuk mengajukan re-akreditasi ARJUNA periode 2023. Meskipun portal laman ARJUNA belum dibuka, persiapan masing-masing jurnal perlu dipersiapkan dengan baik. Acara ini menundang sejumlah 26 jurnal baik untuk pengajuan akreditasi jurnal baru maupun re-akreditasi. Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Prof. Dr.sc.agr. Ir. Adi Ratriyanto, S.Pt., M.P., IPM., ASEAN Eng., selaku Kepala Unit Penjaminan Mutu P2M LPPM Universitas Sebelas Maret.

Adapun 26 jurnal yang diundang dalam acara ini diantaranya:

  1. ARSITEKTURA
  2. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
  3. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
  4. Equilibrium Journal of Chemical Engineering
  5. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
  6. Indonesian Journal of Civil Engineering Education
  7. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia)
  8. Journal CMES (Center of Middle Eastern Studies)
  9. Journal of Epidemiology and Public Health (JEPH)
  10. Journal of Health Promotion and Behavior (JHPB)
  11. Jurnal Analisa Sosiologi
  12. Souvereignty: Jurnal Demokrasi dan Ketahanan Nasional
  13. Wacana: Jurnal Psikologi
  14. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Studi Amerika
  15. Jurnal Teknik Mesin Indonesia (JTMI)
  16. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian
  17. Kumara Cendekia
  18. Livestock and Animal Research
  19. Matriks Teknik Sipil
  20. Nusantara Biosciences: Isea Hournal of Biological Sciences
  21. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya
  22. Sebelas Maret Business Review
  23. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat
  24. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik
  25. Teknodika
  26. Journal of Biodiversity and Biotechnology

Bapak Dr. Mohtar Yunianto, S.Si., M.Si., dalam materinya juga memberikan panduan evaluasi diri jurnal (self-assessment) dan tips-tips dalam melengkapi persyaratan awal serta meraih nilai optimal unsur-unsur yang dinilai oleh Asesor, diantaranya untuk meminimalisir terjadinya kesalahan seperti ketidakkonsistensian template jurnal, typography, hingga penamaan jurnal ilmiah, dan ketidaklengkapan konten website. Pada intinya setiap jurnal yang akan mengajukan akreditasi harus mempersiapkan dengan matang agar maksimal dalam meraih poin unsur manajemen maupun substansi. Seluruh jurnal di Universitas Sebelas Maret yang akan mengajukan akreditasi maupun re-akreditasi jurnal ilmiah wajib melaporkan ke UPPJ terlebih dahulu, serta proses submit akreditasi akan dipandu langsung oleh Tim Asisten UPPJ.

Segenap Tim Unit Pelaksana dan Pengembang Jurnal dipimpin oleh Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P selaku Ketua UPPJ menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dan pengelola jurnal yang telah menyukseskan berlangsungnya kegiatan ini.